Selasa, 06 November 2012

0

Pemanfaatan Teknologi Dalam Kehidupan Manusia


e-Education 
E-Education adalah singkatan dari Electronic Education, merupakan sistem pendidikan berbasis media elektronik, seperti radio dan televisi dan sekarang e-education adalah pendidikan yang menggunakan internet sebagai media utamanya. Sistem E-education memungkinkan untuk diakses melalui berbagai terminal diberbagai tempat sesuai dengan mobilitas pengaksesannya, sehingga lahirlah mobile education (m-education). Dengan sejumlah sarana pendidikan yang berbasis internet seperti e-Library, e-Book, e-Magazine, dan sebagainya. Perubahan itu akan terus berlanjut dengan pesatnya perkembangan internet. E-Education (Electronic education) sebenarnya merupakan istilah bagi sistem pendidikan yang berbasiskan elektronik, misalnya radio, televisi, komputer dan media elektronik lainnya. Misalnya acara kuliah subuh atau program pelajaran lain yang ditayangkan melalui televisi, atau penjelasan modul Universitas Terbuka melalui radio dan sebagainya. Akan tetapi paradigma mengenai e-Education dipahami saat ini sebagai pendidikan yang menggunakan internet sebagai media utamanya (cybereducation, cybercampus, cyberschool dan istilah lainnya). Membangun lingkungan e-Education bukan hanya membangun halaman Web yang berisi profile suatu organisasi semata atau permasalahan teknis untuk mendigitalkan informasi mengenai suatu kampus melalui internet, akan tetapi keharusan untuk menghadirkan suasana ilmiah di dunia cyber tersebut. Lingkungan e-Education yang dibangun diantaranya Web Page, e--Library, e-Book, e-Laboratory, News Goup, Video Conference, Chatting, Konsultasi elektronik (e-Consulting) dan sebagainya. Pola e-Education ini terus berkembang sehingga memungkinkan akses internet melalui ponsel atau notebook (m-Education) dan berinterkas dengannya (i-Education).


e-Government

Pengertian E-Government atau definisi E-Government adalah penggunaan teknologi informasi oleh pemerintah untuk memberikan informasi dan pelayanan bagi warganya, urusan bisnis, serta hal-hal lain yang berkenaan dengan pemerintahan. e-Government dapat diaplikasikan pada legislatif, yudikatif, atau administrasi publik, untuk meningkatkan efisiensi internal, menyampaikan pelayanan publik, atau proses kepemerintahan yang demokratis. Model penyampaian yang utama adalah Government-to-Citizen atau Government-to-Customer (G2C), Government-to-Business (G2B) serta Government-to-Government (G2G). Keuntungan yang paling diharapkan dari e-government adalah peningkatan efisiensi, kenyamanan, serta aksesibilitas yang lebih baik dari pelayanan publik.

e-Commerce
E-commerce adalah kegiatan-kegiatan bisnis yang menyangkut konsumen (consumers), manufaktur (manufactures), service providers dan pedagang perantara (intermediaries) dengan menggunakan jaringan-jaringan komputer (komputer networks) yaitu internet.
Julian Ding dalam bukunya E-commerce: Law & Practice, mengemukakan bahwa e-commerce sebagai suatu konsep yang tidak dapat didefinisikan. E-commerce memiliki arti yang berbeda bagi orang yang berbeda.

e-Learning
E-learning atau elektornik learning adalah pembelajaran yang dilaksanakan dengan memanfaatkan fungsi internet dalam kegiatan pembelajaran dengan menjadikan fasilitas elektronik sebagai media pembelajaran. Beberapa definisi e-learning dapat dikemukakan di antaranya adalah definisi Jaya Kumar C. Koran (2002) e-learning sebagai pembelajaran yang menggunakan rangkaian elektronik (LAN, WAN, atau internet) untuk menyampaikan isi pembelajaran, interaksi, atau bimbingan. Sementara Dong (dalam Kamarga, 2002) mendefinisikan e-learning sebagai kegiatan belajar asynchronous melalui perangkat elektronik komputer yang memperoleh bahan belajar yang sesuai dengan kebutuhannya. Dari definisi ini dapat dipahami bahwa pembelajaran dengan elearning disamping memanfaatkan fasilitas internet, juga menggunakan perangkat keras seperti komputer atau laptop, jaringan Network yang dapat menghubungkan antara siswa dan guru. Hubungan yang terbangun ini adalah hubungan atau interaksi edukatif antara guru dengan siswa. Dari definisi itu pula dapat dipahami makna dari Pembelajaran dengan e-learning pembelajaran tersebut membutuhkan infrastruktur tersendiri yang mendukung terutama adalah koneksi internet. Sehingga e-learning tidak dapat dipisahkan dari penggunaan internet dalam pembelajaran. Romi Satria Wahono mengemukaan bahwa Infrastruktur e-Learning: dapat berupa personal computer (PC), jaringan komputer, internet dan perlengkapan multimedia. Selain fasilitas tersebut di atas juga dibutuhkan peralatan teleconference jika ingin melakukan pembelajaran jarak jauh dengan tatap muka melalui teleconfrence.

e-health
e-health merupakan suatu bentuk layanan kesehatan secara elektronis yang mempunyai tujuan untuk mendukung kegiatan  kesehatan secara umum dan meningkatkan kualitas layanan.
Dalam resolusi tersebut, WHO mendorong kepada setiap negara untuk menyusun rencana strategis jangka panjang  mengembangkan layanan e-health di berbagai bidang di kesehatan baik untuk administrasi kesehatan, kerangka legal dan regulasi, infrastruktur serta mekanisme kemitraan publik dan swasta.
Berikutnya, mengembangkan infrastruktur TIK untuk e-health, membangun kolaborasi dengan sektor swasta dan lembaga profit untuk mendukung e-health. Mengembangkan e-healh yang menjangkau masyarakat, khususnya yang rawan terhadap permasalahan kesehatan (vulnerable) dan sesuai dengan kebutuhan.
Terakhir, memobilisasi kerjasama lintas sektor dalam mengadopsi norma dan standar e-health, evaluasi, prinsip-prinsip cost-effectiveness dalam e-health untuk menjami mutu, etika dan keamanan dengan tetap mengedepankan kerahasiaan, privasi, equity dan equality, mengembangkan center of excellence dan jejaring e-health dan  model sistem informasi kesehatan masyarakat untuk surveilans, respon dan emergensi.

e-Business
e-Business atau Electronic business dapat didefinisikan sebagai aktivitas yang berkaitan secara langsung maupun tidak langsung dengan proses pertukaran barang dan/atau jasa dengan memanfaatkan internet sebagai medium komunikasi dan transaksi,dan salah satu aplikasi teknologi internet yang merambah dunia bisnis internal, melingkupi sistem, pendidikan pelanggan, pengembangan produk, dan pengembangan usaha. Secara luas sebagai proses bisnis yang bergantung pada sebuah sistem terotomasi. Pada masa sekarang, hal ini dilakukan sebagian besar melalui teknologi berbasis web memanfaatkan jasa internet. Terminologi ini pertama kali dikemukakan oleh Lou Gerstner, CEO dari IBM.

e-Procurement
e-Procurement adalah proses pengadaan barang/jasa yang pelaksanaannya dilakukan secara elektronik yang berbasis web/internet dengan memanfaatkan fasilitas teknologi komunikasi dan informasi yang meliputi pelelangan umum, pra-kualifikasi dan sourcing secara elektronik dengan menggunakan modul berbasis website. Dukungan Teknologi Informasi ini dapat meningkatkan kapabilitas Governmet dalam memberikan kontribusi bagi penciptaan nilai tambah, serta mencapai efektifitas dan efisiensi.
Proses Pengadaan barang dan jasa yang dilakukan dengan menggunakan e-procurement secara signifikan akan meningkatkan kinerja, efektifitas, efisiensi, transparansi, akuntabilitas transaksi yang dilakukan, selain itu biaya operasional dapat dikurangi secara signifikan karena tidak diperlukan lagi penyerahan dokumen fisik dan proses administrasi yang memakan waktu dan biaya.

e-Filling
e-Filling adalah suatu cara penyampaian SPT yang dilakukan melalui sitem online yang real time melalui satu atau beberapa perusahaan penyedia jasa aplikasi (ASP) yang ditunjuk oleh DJP
Cara :
WP harus mempunyai electronic filling identification number (e-FIN) terlebih dahulu dan memperoleh sertifikat digital (digital sertificate) dari DJP

e-Environment
Environment adalah lingkungan. Lingkungan keluarga, rumah tangga, lingkungan desa, hingga ke lingkungan kerja. Sedikit mengalami evolusi karena dinamika masyarakat, environment menyeruak menjadi community (komunitas). Lebih dalam maknanya karena community lebih bersifat interaktif, elemen-elemen didalamnya saling aktif berinteraksi, menimbulkan hubungan sebab akibat satu sama lain. Lingkungan hidup, sering disebut sebagai lingkungan, adalah istilah yang dapat mencakup segala makhluk hidup dan tak hidup di alam yang ada di Bumi atau bagian dari Bumi, yang berfungsi secara alami tanpa campur tangan manusia yang berlebihan.
E-environment merupakan pengembangan teknologi dan informasi dalam memperdayakan atau mengenalkan lingkungan hidup sekitar kita. dari sini kita mengetahui banyak mengenai lingkungan alam yang harus kita jaga. sehingga manusia dapat langsung melihat bagaimana kondisi alam yang ada disekitarnya.
kelebihannya :
- manusia dapat lebih menjaga kelestarian alam disekitarnya.
- dapat mempromosikan kekayaan alam yang dimiliki oleh masing-masing daerah
- dapat ikut serta dalam program pelestarian alam
kekurangannya:
-   kurang adanya sosialisasi dari hadirnya e-environment 

e-SCM
e-SCM adalah suatu konsep manajemen dimana perusahaan berusaha memanfaatkanteknologi internet untuk mengintegrasikan seluruh mitra kerja perusahaan, terutama yang berhubungandengan sistem pemasok bahan baku atau sumber daya yang dibutuhkan dalam proses produksi.
Pertukaran informasi memainkan peranan yang penitng dalam arus barang dan jasa antara rekan bisnisyang berbeda. Dalam supply chain tradisional, arus data hanya ada pada pengawasan inventory internaldan ini masih belu terotomatisasi.ELECTRONIC DATA INTERCHANGE (EDI) adalah transmisi data secara elektronik yang memungkinkanterjadinya pertukaran data, dalam bentuk dokumen-dokumen bisnis antar sistem aplikasi.
Meskipunbegitu, pengimplementasian dari sistem tersebut apalagi bila ada kendala jarak, akan sangatmenyulitkan, sehingga digunakanlah internet untuk membantu kelancaran transmisi data. Saat ini telahdigunakan pula software yang bisa menghasilkan dokumen berbasis XML sehingga data yang ada bisadibaca secara lebih universal antara perusahaan-perusahaan penggunanyaEAI (Enterprise Application Integration) dikembangkan karena EDI serta ERP yang ada tidak mampumengintegrasi dan otomatisasi proses-proses bisnis yang ada yang sangat dibutuhkan oleh banyakperusahaan-perusahaan besar saat ini.

0 komentar: